Sabtu, 09 Januari 2010

Jalan Sehat


Baron. Kegiatan Jalan Sehat adalah salah satu program dari sie keiswaan SMP Negeri 2 Baron, kegiatan ini dilaksanakan setiap Hari Jum’at minggu ke tiga setiap bulan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta karyawan SMP Negeri 2 Baron. Jalan sehat ini mengambil rute  jalan disekitar lingkungan SMP Negeri 2 Baron. Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan dan rasa segar masyarakat  SMP Negeri 2 Baron. Inilah rangkaian kegiatan ini dalam foto-foto yang diambil pada hari Jum’at tanggal 7 Januari 2010.




Ayo jalan mas…….. antri beras atau antri minyak…….. masa akan jalan sehat kok duduk-duduk saja memangnya belum sarapan……….. itu msih dihitung jumlahnya oleh yang pakai jilbab 1….2……….3……….dst…….






Senyum terus……di setiap jalan biar sehat dan fresh…………..memang belum mandi ………….kok bawa kembang kamboja………….apa satu udah cukup........ lha wong dari sini.(penulis)........... aja  masih tercium baunya……hah….hah….hah……




 Pegel Pak….molet dulu………….biar tidak kemeng dan pegal……..dan untuk P. Agus jangan tersenyum aja …….masa ada Mbah dibelakangnya yang sedang cari-cari sabit yang  ilang kok senyum terus…………bantuin………itu …tu…..biar cepat ketemu…………..






Inilah ajang kontes kecantikan Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 2 Baron tercinta……..Buat Bu Halim …….siapkan tho….. biar ndak senyum terus buat Bu Binti dan Bu Cuplik………..contolah Bu Rokani yang sudah siap sejak tadi…………..





Segar ya bu………….kelihatannya kok senyum terus di perjalanan itu tu…ada yang sedang garuk-garuk kepala dibelakang bantuin Bu cari kutu rambutnya……………biar sehat……kalau ndak mau di BP saja…..tulis laporannya…………..setuju Bu Anik………….?





Tin…….!masak nggendheng terus di jalan…………nanti gimana kalau lapar itu lihat dibelakang minta jatah 2 bungkus nasi, gimana kalau ndak bagian?........tenang aja……….dan senyum terus buat Roro biar sehat…………sampai ……………………….tidak ada satu penyakit yang datang……






 Gatal gatal atau lapar…………kok perutnya di pegangi terus………dan mau berapa main tangannya….Dan…….? Suf tidur aja di jalan……..ndak apa apa, jalan ini khan milik Mbahe……..tho



Jalan sehat atau………cangkruk……….Bapak-Bapak ini.? Jalan Pak ......biar singset..........seperti peragawan.

Kamis, 07 Januari 2010

PROYEK PROPOSAL
UJIAN PRAKTEK BIDANG STUDY BAHASA INGGRIS
SMP NEGERI 2 BARON
TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010




A DASAR PEMIKIRAN
Dalam rangka Peningkatan dalam pemahaman Materi Pendidikan Bahasa Inggris untuk pencapaian Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor, Maka perlu diadakan Ujian Praktek bagi Kelas 3 yang pelaksanaannya berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan Ujian Akhir Nasional dalam Standar Kompetensi Kelulusan Bidang study Bahasa Inggris 2009/2010
Untuk itu guru pendidkan Bahasa Inggris bermaksud melaksanakan kegiatan tersebut.

B TUJUAN
1. Tujuan Umum
Siswa mampu menguasai materi secara teori dan praktek yang masuk dalam Standar Kompetensi Kelulusan Bidang study Bahasa Inggris 2009/2010
2. Tuhjuan Khusus
Siswa mampu menulis paragrap jenis descriptive dengan mengunakan gambar berdasarkan outline yang mereka buat sendiri.

C MATERI
1. Gambar binatang dan hewan..
2. Outline format yang diberikan .

D PESERTA DAN PENGUJI
1. Peserta ujian praktek adalah siswa kelas 3 yang telah memenuhi kriteria tamat.
2. Penguji ujian peraktek adalah Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Baron.

E WAKTU DAN TEMPAT
1. Ujian praktek dilaksanakan pada tanggal…. 04- 2010
2. Tempat yang digunakan adalah ruang kelas 9a, 9b, 9c.

F SARANA
1. Kamus.
2. Alat tulis menulis.

G ASPEK ASPEK YANG DINILAI
1. Contents
2. Organization
3. Vocabulary
4. Grammar
5. Punctuation
6. Spelling


Demikian Proyek Proposal ini saya buat dan saya sampaikan atas perhatian Bapak saya ucapkan terimakasih.


                                                                                                                    Baron, 1 April 2010
Mengetahui ,                                                                                                         Guru Bahasa Inggris
Kepala SMP Negeri 2 Baron





Drs. AGUS HERI EKO SURYANTO                                                                M. M. IKWAN , M.Pd
                   Pembina                                                                                               NIP. 132 202 318
            NIP: 131 782 154

Bersyukur dan Bersedekah atas Karunia dan Nikmat

الْحَمْدُ للهِ اَّلذِيْ أَخْرَجَ نَتَائِجَ أفْكَارِنَا ِلإبْرِازِ أيَاتِهِ وَأفْضَلَنَا بِرُسُوْلِيَةِ شَرَفِ الأَنَاَمِ . أَشْهَدُ أنْ لاإلهَ إلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ إلى جَمِيْعِ الْعَلَمِ . أللّهُمَّ صَلِّي وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَابِهِ أجْمَعِيْنَ. أمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ أًوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ هُوَ الْمُنْعِمُ الْمُتَفَضِّلُ، وَإِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْهَا. إِنَّ اْلإِنْسَانَ لَظَلُوْمٌ كَفَّارٌ. وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُوْنِ أُمَّهَاتِكُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ شَيْئًا لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. وََقالَ الله تعالى : وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ َلأزِيْدَنَّكُمْ ولَئِنْ كَفَرْتُمْ إنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ

Hadirin Jamaah Sidang Jum’at Rahimakulullah
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita semua meningkatkan ketaqwaan kepada Alalh SWT dengan melaksanakan seluruh perintah-perintahnya dan menjauhi segenap larangan-larangan Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan Allah, salah satu sifat dan perilaku terpuji yang mesti dimiliki oleh orang beriman adalah mensyukuri nikmat-nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada kita, baik nikmat yang berupa fisik kebendaan (material) maupun nikmat yang bersifat mental spiritual (ruhaniah).

Nikmat iman dan nikmat ukhuwah (persaudaraan atau persahabatan) adalah contoh-contoh kenikmatan ruhaniah. Sedangkan nikmat sehat, nikmat umur dan harta benda yang melimpah adalah beberapa di antara conroh-contoh nikmat material.

Sebagaimana saya bacakan di pembukaan khutbah ini, Allah SWT berfirman,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ َلأزِيْدَنَّكُمْ ولَئِنْ كَفَرْتُمْ إنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan ingatlah tatkala Tuhannu memaklumatkan, ”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS: Ibrahim: 7)

Berdasarkan ayat ini, maka marilah kita mensyukuri seluruh nikmat yang dikaruniakan Allah kepada kita, yang tidak dapat kita sebutkan satu persatu.

Hadirin siding Jum’at yang berbahagia
Sungguh pun pekerjaan bersyukur tampaknya hanyalah perbuatan yang mudah kita lakukan. Namun bersyukur juga memiliki konsekwensi karena bersyukur adalah berbuat. Jika kita mensyukuri umur maka kita mesti menggunakannya untuk beribadah kepada Allah. Dan jika kita mensyukuri harta tentu kita akan menggunakannya untuk bersedekah. Nah di sinilah kita akan mendapatkan ujian tentang rasa syukur.

Ketika kita menggunakan umur kita untuk beribadah kepada Allah, maka syetan dan hawa nafsu akan senantiasa menggoda dan membisikkan, bahwa banyak kemaksiatan yang siap digelar di luar sana. Bila kita ingin mendatangi masjid untuk berdzikir, maka syetan-syetan akan memperberat langkah kita. Mereka ingin membelokkan langkah kita menuju tempat-tempat lain di mana kemaksiatan sedang diumbar.

Sedangkan jika kita ingin bersedekah, tentu syetan dan hawa nafsu juga akan selalu menggoda kita, mereka membisikkan resiko-resiko yang tidak semestinya. Syetan-syetan akan mengatakan, “Ah buat apakah kamu bersedekah? Sedangkan masih banyak kebutuhan pribadimu yang belum terpenuhi.” Jika kita ingin mendermakan beberapa ratus ribu atau beberapa juta, maka hawa nafsu kita akan selalu mempengaruhi, “Jangan banyak-banyak deh, kalau ingin bersedekah, nanti kamu bisa jatuh miskin.”

Padahal tahukah kita, bahwa sedekah takkan mengurangkan harta sedikitpun. Karena Allah pasti akan menggantinya dengan berlipat ganda. Rasulullah SAW pun telah bersabda,
مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ

Harta tidak berkurang karena bersedekah. (HR. Muslim)

Hadits ini merupakan jaminan keamanan dari kefakiran kita oleh Allah SWT. Kita telah mendapatkan jaminan, takkan menjadi miskin karena bersedekah.

Bahkan dalam hadits lain, Rasulullah menceritakan, "Tidaklah seorang hamba berada di pagi hari kecuali dua Malaikat turun kepadanya, yang salah satunya berkata: Ya Allah, berilah orang yang berinfak gantinya. Dan yang lain berkata: Ya Allah, berilah orang yang kikir kerusakan." (HR. Bukhari-Muslim)

Kedua hadits ini mengindikasikan, Justru dengan bershadaqah, harta seseorang akan semakin bertambah, barakahnya maupun jumlah harta itu sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT,

وَمَا أنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْئٍ فَهُوَ يَخْلِفُهُ
Dan segala yang kamu nafkahkan, tentu akan digantikan oleh Allah SWT. (QS. Al-Hasyr : 39)

Maka dari itu saudara-saudaras ekalian, kita tidaklah perlu khawatir bahwa rasa syukur kita dan sedekah kita akan mendatangkan kesulitan bagi hidup kita. Kita tidak perlu khawatir bahwa syukur dan sedekah akan mengurangi kenikmatan kita. Dan marilah kita mensyukuri segala nikmat Allah dengan segenap daya untuk semakin mengaplikasikan ketakwaan yang sesungguhnya.

Hadirin Sidang Jum’at yang diridhoi Allah.
Bersyukur atas nikmat adalah bukti bagi lurusnya keimanan dalam jiwa manusia. Dan orang yang bersyukur kepada Allah akan selalu merasakan muroqobatullah (Kebersamaan Allah) dalam mendayagunakan kenikmatan-Nya, dengan tidak disertai pengingkaran, perasaan menang dan unggul atas makhluk lainnya, dan penyalahgunaan nikmat.

Mensyukuri nikmat dengan mengungkapkan rasa kesyukuran kepada Allah dapat kita lakasanakan sengan tiga hal : pertama adalah Mengakui di dalam bathin. Sedangkan yang kedua adalah Mengucapkannya dengan lisan dan yang ketiga adalah Menggunakan nikmat sesuai dengan kehendak pemberi nikmat. Dan ketiga-tiganya ini harus kita laksanakan dengan sepenuhnya, kita tidak dapat bersyukur dengan sebenarnya jika hanya ucapan yang membuktikan itu.

Jika mengaku bersyukur atas kelebihan harta namun tidak pernah bersedekah, tentu syukur yang kita ucapkan adalah kebohongan belaka. Apalah lagi kita selalu menggerutu, namun mengaku penuh syukur. Sungguh hal tersebut hanyalah isapan jempol semata.

Hadirin Saudara-saudara Seiman yang Dirahmati Allah
Tentu Allah dan Rasulullah takkan memerintahkan kepada kita untuk bersyukur, jika tida manfaatnya. Maka ketahuilah bahwa mensyukuri nikmat memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dipetik oleh orang-orang beriman.

Beberapa di antara manfaat syukur adalah mensucikan jiwa. Dengan bersedekah kita mensucikan harta. Sedekah wajib berupa zakat dan sedekah sunnah di setiap saat. Harta dan kekayaan material kita menjadi tersucikan oleh sedekah. Dan kehidupan kita tersucikan oleh rasa syukur yang terkatakan dengan lisan dan terlaksana melalui perbuatan-perbuatan baik.

Syukur jura mendorong jiwa untuk beramal sholeh dan mendayagunakan kenikmatan secara baik melalui hal-hal yang dapat menumbuhkembangkan kenikmatan tersebut. Kenikmatan yang disyukuri, adalah lebih berarti dibandingkan kenikmatan-kenikmatan yang disia-siakan.

Syukur juga menjadikan orang lain ridho dan senang kepada kita, Syukur menentramkan jiwa kita. Karena rasa syukur yang telah kita ungkapkan dalam perbuatan tentu menjadikan orang lain senang dan akan membantu dan menolong kita di waktu-waktu lainnya.

Tentu saja, rasa syukur dapat memperbaiki dan melancarkan berbagai bentuk interaksi dalam sosial masyarakat, sehingga harta dan kekayaan yang dimiliki dapat terlindungi dengan aman.

Apabila mayoritas anggota suatu masyarakat adalah pribadi-pribadi yang bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang telah mereka dapatkan, tentu masyarakat akan aman tenteram dan beroleh kerahmatan dari Allah SWT. Dan baldatun toyyibatun wa robbun ghofuur tidak lagi menjadi mimpi semata. Amin Allahumma Amin

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبِّلَ الله مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنَِّهُ هُوَاالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ لَِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Bersyukur dan Bersedekah atas Karunia dan Nikmat
17/02/2009
الْحَمْدُ للهِ اَّلذِيْ أَخْرَجَ نَتَائِجَ أفْكَارِنَا ِلإبْرِازِ أيَاتِهِ وَأفْضَلَنَا بِرُسُوْلِيَةِ شَرَفِ الأَنَاَمِ . أَشْهَدُ أنْ لاإلهَ إلاّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ إلى جَمِيْعِ الْعَلَمِ . أللّهُمَّ صَلِّي وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأصْحَابِهِ أجْمَعِيْنَ. أمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ أًوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ هُوَ الْمُنْعِمُ الْمُتَفَضِّلُ، وَإِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْهَا. إِنَّ اْلإِنْسَانَ لَظَلُوْمٌ كَفَّارٌ. وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُوْنِ أُمَّهَاتِكُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ شَيْئًا لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. وََقالَ الله تعالى : وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ َلأزِيْدَنَّكُمْ ولَئِنْ كَفَرْتُمْ إنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ

Hadirin Jamaah Sidang Jum’at Rahimakulullah
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita semua meningkatkan ketaqwaan kepada Alalh SWT dengan melaksanakan seluruh perintah-perintahnya dan menjauhi segenap larangan-larangan Allah SWT.

Hadirin yang dimuliakan Allah, salah satu sifat dan perilaku terpuji yang mesti dimiliki oleh orang beriman adalah mensyukuri nikmat-nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada kita, baik nikmat yang berupa fisik kebendaan (material) maupun nikmat yang bersifat mental spiritual (ruhaniah).

Nikmat iman dan nikmat ukhuwah (persaudaraan atau persahabatan) adalah contoh-contoh kenikmatan ruhaniah. Sedangkan nikmat sehat, nikmat umur dan harta benda yang melimpah adalah beberapa di antara conroh-contoh nikmat material.

Sebagaimana saya bacakan di pembukaan khutbah ini, Allah SWT berfirman,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ َلأزِيْدَنَّكُمْ ولَئِنْ كَفَرْتُمْ إنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan ingatlah tatkala Tuhannu memaklumatkan, ”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS: Ibrahim: 7)

Berdasarkan ayat ini, maka marilah kita mensyukuri seluruh nikmat yang dikaruniakan Allah kepada kita, yang tidak dapat kita sebutkan satu persatu.

Hadirin siding Jum’at yang berbahagia
Sungguh pun pekerjaan bersyukur tampaknya hanyalah perbuatan yang mudah kita lakukan. Namun bersyukur juga memiliki konsekwensi karena bersyukur adalah berbuat. Jika kita mensyukuri umur maka kita mesti menggunakannya untuk beribadah kepada Allah. Dan jika kita mensyukuri harta tentu kita akan menggunakannya untuk bersedekah. Nah di sinilah kita akan mendapatkan ujian tentang rasa syukur.

Ketika kita menggunakan umur kita untuk beribadah kepada Allah, maka syetan dan hawa nafsu akan senantiasa menggoda dan membisikkan, bahwa banyak kemaksiatan yang siap digelar di luar sana. Bila kita ingin mendatangi masjid untuk berdzikir, maka syetan-syetan akan memperberat langkah kita. Mereka ingin membelokkan langkah kita menuju tempat-tempat lain di mana kemaksiatan sedang diumbar.

Sedangkan jika kita ingin bersedekah, tentu syetan dan hawa nafsu juga akan selalu menggoda kita, mereka membisikkan resiko-resiko yang tidak semestinya. Syetan-syetan akan mengatakan, “Ah buat apakah kamu bersedekah? Sedangkan masih banyak kebutuhan pribadimu yang belum terpenuhi.” Jika kita ingin mendermakan beberapa ratus ribu atau beberapa juta, maka hawa nafsu kita akan selalu mempengaruhi, “Jangan banyak-banyak deh, kalau ingin bersedekah, nanti kamu bisa jatuh miskin.”

Padahal tahukah kita, bahwa sedekah takkan mengurangkan harta sedikitpun. Karena Allah pasti akan menggantinya dengan berlipat ganda. Rasulullah SAW pun telah bersabda,
مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ

Harta tidak berkurang karena bersedekah. (HR. Muslim)

Hadits ini merupakan jaminan keamanan dari kefakiran kita oleh Allah SWT. Kita telah mendapatkan jaminan, takkan menjadi miskin karena bersedekah.

Bahkan dalam hadits lain, Rasulullah menceritakan, "Tidaklah seorang hamba berada di pagi hari kecuali dua Malaikat turun kepadanya, yang salah satunya berkata: Ya Allah, berilah orang yang berinfak gantinya. Dan yang lain berkata: Ya Allah, berilah orang yang kikir kerusakan." (HR. Bukhari-Muslim)

Kedua hadits ini mengindikasikan, Justru dengan bershadaqah, harta seseorang akan semakin bertambah, barakahnya maupun jumlah harta itu sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT,

وَمَا أنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْئٍ فَهُوَ يَخْلِفُهُ
Dan segala yang kamu nafkahkan, tentu akan digantikan oleh Allah SWT. (QS. Al-Hasyr : 39)

Maka dari itu saudara-saudaras ekalian, kita tidaklah perlu khawatir bahwa rasa syukur kita dan sedekah kita akan mendatangkan kesulitan bagi hidup kita. Kita tidak perlu khawatir bahwa syukur dan sedekah akan mengurangi kenikmatan kita. Dan marilah kita mensyukuri segala nikmat Allah dengan segenap daya untuk semakin mengaplikasikan ketakwaan yang sesungguhnya.

Hadirin Sidang Jum’at yang diridhoi Allah.
Bersyukur atas nikmat adalah bukti bagi lurusnya keimanan dalam jiwa manusia. Dan orang yang bersyukur kepada Allah akan selalu merasakan muroqobatullah (Kebersamaan Allah) dalam mendayagunakan kenikmatan-Nya, dengan tidak disertai pengingkaran, perasaan menang dan unggul atas makhluk lainnya, dan penyalahgunaan nikmat.

Mensyukuri nikmat dengan mengungkapkan rasa kesyukuran kepada Allah dapat kita lakasanakan sengan tiga hal : pertama adalah Mengakui di dalam bathin. Sedangkan yang kedua adalah Mengucapkannya dengan lisan dan yang ketiga adalah Menggunakan nikmat sesuai dengan kehendak pemberi nikmat. Dan ketiga-tiganya ini harus kita laksanakan dengan sepenuhnya, kita tidak dapat bersyukur dengan sebenarnya jika hanya ucapan yang membuktikan itu.

Jika mengaku bersyukur atas kelebihan harta namun tidak pernah bersedekah, tentu syukur yang kita ucapkan adalah kebohongan belaka. Apalah lagi kita selalu menggerutu, namun mengaku penuh syukur. Sungguh hal tersebut hanyalah isapan jempol semata.

Hadirin Saudara-saudara Seiman yang Dirahmati Allah
Tentu Allah dan Rasulullah takkan memerintahkan kepada kita untuk bersyukur, jika tida manfaatnya. Maka ketahuilah bahwa mensyukuri nikmat memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dipetik oleh orang-orang beriman.

Beberapa di antara manfaat syukur adalah mensucikan jiwa. Dengan bersedekah kita mensucikan harta. Sedekah wajib berupa zakat dan sedekah sunnah di setiap saat. Harta dan kekayaan material kita menjadi tersucikan oleh sedekah. Dan kehidupan kita tersucikan oleh rasa syukur yang terkatakan dengan lisan dan terlaksana melalui perbuatan-perbuatan baik.

Syukur jura mendorong jiwa untuk beramal sholeh dan mendayagunakan kenikmatan secara baik melalui hal-hal yang dapat menumbuhkembangkan kenikmatan tersebut. Kenikmatan yang disyukuri, adalah lebih berarti dibandingkan kenikmatan-kenikmatan yang disia-siakan.

Syukur juga menjadikan orang lain ridho dan senang kepada kita, Syukur menentramkan jiwa kita. Karena rasa syukur yang telah kita ungkapkan dalam perbuatan tentu menjadikan orang lain senang dan akan membantu dan menolong kita di waktu-waktu lainnya.

Tentu saja, rasa syukur dapat memperbaiki dan melancarkan berbagai bentuk interaksi dalam sosial masyarakat, sehingga harta dan kekayaan yang dimiliki dapat terlindungi dengan aman.

Apabila mayoritas anggota suatu masyarakat adalah pribadi-pribadi yang bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang telah mereka dapatkan, tentu masyarakat akan aman tenteram dan beroleh kerahmatan dari Allah SWT. Dan baldatun toyyibatun wa robbun ghofuur tidak lagi menjadi mimpi semata. Amin Allahumma Amin

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبِّلَ الله مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنَِّهُ هُوَاالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ لَِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
17/02/2009
PBNU online.

Rabu, 06 Januari 2010

Merokok? Tunggu Dulu.....

Jika selama ini ancaman kesehatan dan kerugian akibat merokok tidak mempan membuat seseorang berhenti merokok, bagaimana jika membeberkan semua keuntungan yang bisa didapatkan jika tidak merokok? Berikut ini adalah 25 keuntungan jika Anda tidak menghisap rokok.

Seperti dikutip dari Health, Rabu (6/1/2010), peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menyebutkan banyak keuntungan yang akan didapatkan seandainya tidak merokok, diantaranya 25 keuntungan berikut.

1. Anda bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.

2. Anda akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.

3. Anda bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

4. Anda akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.

5. Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.

6. Anda bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.

7. Anda akan terhindar dari penyakit psoriaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

8. Anda akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.

9. Anda yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat.
Anda akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.

10. Anda bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

11. Anda bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

12. Anda akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.

13. Anda akan memiliki indera penciuman yang lebih baik dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.

14. Anda bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.

15. Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.

16. Anda akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin Anda berhenti merokok.

17. Anda terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.

18. Anda akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.

19. Anda akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.

20. Anda akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.

21. Anda akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.

22. Anda bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.

23. Anda bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.

24. Anda punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.

25. Anda akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.

Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan dari tidak merokok.

Nurul Ulfah - detikHealth
Rabu, 06/01/2010 12:50 WIB

KENO GODA

Oh Ya Allah saves me from your devil which that always disturb me.Indeed, I have tried to hard struggle that I can retired all of them. Unfortunately, They come in a weaknesses of our thinking and our being consciousness.They give a good scenery that it will make me forget to remember Allah. OK.........it is hard to overcome if Allah will not help me,,,,,, So Ya Allah give me your merciful to me that I can save our life until I will meet you in the next eternal time.

GRAMMAR

A. Nouns
Nouns adalah kata-kata yang digunakan untuk menyebut orang,tempat atau benda.
Ada dua bentuk nouns, yaitu Countable Nouns(kata benda yang adapat dihitung) dan uncountable nouns( kata benda yang tidak adapat dihitung)

1. Contoh dalam kata
a. Countable Nouns
Castle
Game
Kite
Mountain
Doll
House
Lemon
Office
Egg
Island
Lamp
Park
b. Uncountable Nouns
Butter
Fog
Heat
Sand
Cheese
Gas
Ink
Sugar
Dust
Half
Oil
Water


2. Contoh dalam kalimat
a. They are used for all short now.
b. Do you know much about computer?
c. I have much money.
d. The gas of the stove is emty.

B. Verbs
Verbs adalah kata yang menunjukan kegiatan yang dilakukan oleh makluk hidup.
1. Contoh dalam kata.
a. Buy
b. Eat
c. Save
d. Call
e. Hold
f. Study
g. Drink
h. Run
i. Take

2. Contoh dalam kalimat
a. He buys a doll.
b. The monkey eats some bananas
c. I study English happily
d. They drink some sofdrinks.


C. Adjectives
Adjectives digunakan untuk mendeskripsikan atau menerangkan noun ( kata benda)
1. Contoh dalam kata
a. Cheap
b. Clean
c. Dark
d. Heavy
e. Expensive
f. Dirty
g. Bright
h. Light

2. Contoh dalam kalimat
a. The price of the shoes is cheap.
b. The plate on the table is clean.
c. The classroom is dirty.
d. The expensive car is blue.

D. Adverbs.
Ada tiga jenis Adverbs.
1 Adverbs of place
Adverbs of place (kata keterangan tempat) digunakan untuk menjelaskan tentang letak sebuah benda. Gunakan preposisi diawal kata benda. Perhatikan contoh-contoh berikut.
a. There is a magazine on the desk.
b. There is a cat under the bed
c. I go to school.
d. They come to the mosque
2 Adverbs of time
Adverbs of time( kata keterangan waktu)untuk mengatakan waktu terjadinya sesuatu. Contoh :
a. He goes to the beach in the morning
b. Ana is cooking cocktail today
c. Gus Dur was buried yesterday.
d. I will go to the Tambakrejo beach tomorrow
e. My wife had accident last week.
f. The school holiday is in June.
g. The ceremony is held on 10th January.
3 Adverbs of manner.
Adverbs of manner(kata keterangan cara ) untuk menjelaskan cara suatu kegiatan dilakukan. Kata ini mengikutikata kerja (verbs).
Contoh:
a. He drives a car carefully
b. She walks slowly.
c. The runner runs quickly.
d. Anita shouted loudly.
e. The panther run very fast.
f. He studies English very hard.
g. The healthy of my wife is well.

E. Question Words
Berikut beberapa macam kata Tanya(question word) dan kegunaanya.
1. What untuk mennyakan benda dan makluk hidup selain orang
Contoh : What is the name of the hospital?
2. Where untuk menanyakan tempat.
Contoh : Where do you life?
3. Why untuk menanyakan alasan melakukan sesuatu
Contoh: Why do you love me?
4. How untuk menanyakan bagaimana sesuatu kegiatan dilakukan
Contoh: How will you go? By car.
Kata Tanya How dapat dipadukan dengan kata lain:
a. How far untuk menanyakan jarak
Contoh: How far is your home to school?
b. How long untuk menanyakan lamanya susuatu berlangsung.
Contoh: How long did you call your pen friend?
c. How often untuk emnanyakan kekerapan suatu kegiatan dilakukan
Contoh: How often do you study in a day?
d. How high/how tall untuk menanyakan ketinggian.
Contoh: How high is the mountain?(untuk benda)
How tall are you?(untuk manusia)
e. How many/how much untuk menanyakan berapa banyak suatu benda.
Contoh: How many do you have car?(untuk countable nouns)
How much do you have money?( untuk uncaountable nouns)

F. Pronouns and Indefinite Pronouns
1. Pronoun adalah kata yang menggantikan kata benda.
Contoh: He, she, it, they.
2. Indefinite Pronouns termasuk bagian pronouns. Ini digunakan untuk mengacu kepada orang/benda/tempat yang tidak tentu.
a. Untuk mengacu seseorang gunakan someone/somebody.
b. Untuk mengacu kepada benda gunakan something.
c. Untuk mengacu kepada tempat gunakan somewhere.

Positif
Someone/somebody
Something/everything
Everyone/everybody
Somewhere
Negatif
Anyone/anybody
Anything
Nobody/no one
Anywhere/nowhere





Reference:
__________,2009. Detik-Detik Ujian Nasioanl Bahasa Inggris SMP/Mts, Intan Pariwara

Memory of 17th ,December,2009





Inilah manten yang paling spetacular di akhir tahun ini. Gimana tidak spetacular….
1) Senin,14th ,December,2009 kami semua pergi ke Lamongan,tepatnya Ds. Latukan, Lamongan. Kami pergi dari dalaem Warujayeng pukul 7.30 pagi dengan mengendarai satu bis, satu panther dan satu Innova , dalam perjalanan kami semua berpikir dan mengira-ngira bahwa perjalanan nanti sangat menggembirakan, dalam perjalanan sampai kota Lamongan mau akan pergi ke Ds Latukan, ternyata si empunya atau mantennya lupa jalannya……maklum belum hapal……..,itu kira-kira pukul 10.00. Dalam perjaan ini kami sempat berhenti satu kali untuk mengisi bensin………dan alhamdulillah semua aman terkendali, walaupun sebagian anak kecil dalam bis ada yang mabuk.Lalu kami ke Desa Latukan dengan dipandu salah satu warga desa Latukan……..singkatnya ….kami samapi masuk Desa itu waduh…… jalannya seperti jalan menuju surga, sengsara membawa nikmat…………untung semua selamat sampai ijab kabul dilakasanakan……..



 Itu lihat saja dua sejoli sedang berbahagia……..
2) Hal yang membuat kami terhenyak di Nganjuk ketika tanggal 16th ,December 2009, kami telah pulang dari Kediri untuk melengkapi berkenaan dengan pelaksanann Resepsi di hari besoknya………….tepatnya kami masih di Mrican…….tiba-tiba dari Lamongan untuk memohon agar besok pada waktu resepsi mantennya di make up……..itu dah pukul 4,30 sore……….jadi semua yang ada di mobil tersenyum semua………gimana ini langsung aja si bagian Pelaksana Harian ambil tindakan , Dia Tanya tentang ukuran,warna,accessories dan lainnya….Alhamdulillah semua bias di handle dengan baik…………





















Buat gaya yang hebat dong……….hanya satu kali dalam seumur hidup……..Hayo siap berani maju ……….dan buat yang berdiri senyumnya mana?............

3) Hari itu merupakan kebagiaan mereka semua….undangan datang tepat pada waktunya………10.00,namun kedua mempelai baru tiba dari Lamongan pukul 10.30.Langsung masuk kamar mempelai dan Alhamdulillah pukul 12 dah siap semua untuk mulai acara inti………bahkan semuanya keluarga turut bahagia……..lihat gambar dibawah ini sampai ada yang coba kursinya manten…………



Ini mana mantennya? Yang duduk di tengah atau yang ada di sampingnya…………O….o…o…..mereka ingin ditemukan di kursi pelaminan lagi…………





Hore…………saya difoto ………..mereka gembira dengan ……..kegiatan pada hari itu pokoknya………semua tersenyum…………………



Ini keluarga besar..............................dari yang paling besar sampai yang buesaar

 

Hauuuuuuuuuuuuuuuuuuus minum teruuuuuuuuuuuuuuuuuuus, sampai puas ya...Sister in low!




...........2010..........

Ada apa dengan tahun baru?
SELAMAT JALAN SHULTONUL AULIA' TANAH JAWA





GUSDUR

ENGKAU AKAN TETAP DIDALAM HATI KAMI SELAMANYA

UN 2008/2009

Reading the following text to answer question number 1

CAUTION!
SWITCH OFF
THE ENGINE
WHILE FILLING
UP A GAS TANK

1. Where do you usually find the sign above?
a. At railway station
b. At a bus station
c. At a station wagon
d. At a petrol station

Read the text and answer question 2
To: Ruth

I’d like to congratulate
you on passing your exam
I do hope you are always successful

Love

Joshua

2. Why does Joshua send the card? Because………….
a. he wants to tell Ruth about his exam.
b. he wants to congratulate Ruth.
c. his exam is difficult to do.
d. he wants to be successful.

Read the text and answer question 3 and 4
Dear Mira,
I am sorry I have to tell you that I can’t come to your house to work on our project as we have planned before. Unexpected thing happens. My grandma must be hospitalized son. I’ll tell you about our plan later.
Dinda

3. From the message above we know that…………….
a. Dinda and Mira have to work together on their project.
b. Dinda’s grandma involves in the project
c. Dinda and her grandma will meet Mira at the hospital
d. Dinda expects Mira to stay in the hospital with her.
4. What is Dinda’s purpose to write such kind of message?
a. To tell about her sick grandma.
b. To give information about the delay of an activity.
c. To ask Mira to work on their project.
d. To persuade Mira to change the project.
Read the text and answer question 5 and 6
Please join us
as we celebrate our
40th Anniversary
Paul and Opal Wright
Friday, May 7th
6.30 p.m-10.00 p.m

Our New Home
Komplek TSI Durikosambi Cengkareng
( Dinner will be served)
RSPV 54390186
(Elsa/Natalia/Eliza)


5. Paul is …husband.
a. Opal’s
b. Eliza’s
c. Elsa’s
d. Natalia’s
6. What is the purpose of the text above?
a. To promote an everlasting relationship.
b. To invite someone to join the party.
c. To announce a wedding ceremony.
d. To describe a certain party.

Read the announcement and answer question 7 to 9
Holiday classes at learning centre for Nursery, Kindergarten and Primary School children

• Supervised reading program
• Creative writing
• Poetry appreciation
• Art in action
• Speech training
• Grooming and etiquette
 Qualified teachers
 Friendly atmosphere
 Two-hour class twice a week
Call 03-23860505

7. Which of the following statements is not correct according to the announcement above?
a. Classes are held twice a week.
b. Each session will last for two hours.
c. Only kindergarten student can attend the class.
d. There are six programs for the holiday classes



8. How many programs does the learning centre offer?
a. One
b. Three.
c. Six.
d. Nine
9. “Friendly atmosphere”.
What does the underline word mean?
a. Easy.
b. Helpful
c. Pleasant
d. Dull.

Read the text to answer question 10 to 12
Most people in the world have a pet. I also have it. My pet is a dog, named Miko. Its color is brown. It has brown eyes, too. I got this pet from my friend at the beginning of 2009. He bought it from a pet shop in his country. Once a week, my mother bathes him. He is funny and smart. It often plays with my neighbor’s dog. I love him very much because he can be my friend, too.

10. Miko’s eyes are…….
a. black.
b. white
c. brown
d. dark brown

11. The writer got the pet from….
a. his neighbor
b. a pet shop
c. his friend
d. his mother
12. What is the text about?
a. My lovely dog
b. My best friend
c. My pet shop
d. My neighbor’s pet.

Read the following text and answer questions 13 to 15
Hexa and I camped in the mountain last weekend. It was very beautiful and very quiet there. The air was fresh. The location of our camp site was on the top of a hill, so we could see the scenery around us. It was amazing. It was green everywhere. It was also easy to get water as it was near a small river. You see the water is as clear as a crystal. We brought a lot of food from home. There were some noodles, cans of sardines, soft drink, and biscuits. Hexa brought cooking utensils for cooking noodle.

On the first day, we spent our time setting up tent and exploring the surrounding area. I was happy to find that there were many campers there. At night, after we had dinner, we met other campers. We chatted and played guitar. It was fun meeting people who had the same hobby. It was not frightening at all at night in the forest as it was very noisy that night. We laughed and sang, and some campers even danced. We went to bed almost dawn. No wonder we got up late the following day. We hiked with others campers until afternoon. We did not realized that it was almost 5 in te afternoon and we had to go back home soon. It was really nice. I planned to go there again on the next long holiday. I would ask other friends to join.

13. What was amazing according to the writer of the text?
a. The location of the campsite.
b. The fresh air of the mountain.
c. The scenery around the campsite.
d. The small river in the mountain.
14. What did the writer do on the second day of their camping activity?
a. They chatted and played guitar.
b. They had a great and meet activity.
c. They hiked with other campers.
d. They laughed and sang songs together.
15. “……we spent our time setting up the tent and exploring the surrounding area.” (paragraph 2)
What does the underline word mean?
a. Travelling through to learn about it.
b. Going backward and forward to watch something.
c. Observing carefully to examine something.
d. Looking for something in surrounding area.

Read the text to answer questions 16 to 18
Meat Floss Porridge

Ingredients
• 250 cc hot water
• 50 gram instant porridge
• 1 spoon soya sauce
• 1 spoon chili sauce
• crackers
• 10 gram meat floss

Suggested Preparation
1 Put instant porridge into a bowl.
2 Pour 250 cc hot water, stir well
Leave it for about 3 minutes until porridge thickened.
3 Add soya sauce and chili sauce( as much as you like),
4 Then, spread crackers and meat floss.
The porridge is ready to be served.

16. How much instant porridge do you need to make the meat floss porridge?
a. 250 cc
b. 50 gram
c. 1 spoon.
d. 10 gram.

17. What should we do after stirring the porridge?
a. Put the instant porridge into a bowl.
b. Add soya sauce and chili sauce
c. Add crackers and meat floss
d. Wait for about 3 minutes.
18. “……until the porridge thickened”.
What is the meaning of the underlined word?
a. To become solid
b. To get weak
c. To raise volume
d. To become powder.
Read the following text and answer questions 19 to 22
The Wolf and the Goat

A wolf saw a goat grazing at the edge of a high cliff. The wolf smacked his lips at the thought of a fine goat dinner.
“My dear friend, “said the wolf in his sweetest voice, “aren’t you afraid you will fall down from the cliff? Come down here and graze on this fine grass beside me on safe, level ground.”
“No, thank you,” said the goat.
“Well then,” said the wolf,” aren’t you cold up there in the wind? You would be warmer grazing down here beside me in this sheltered area.”
“No, thank you,” said the goat.
“But the grass tastes better down here!”said the exasperated wolf, “Why dine alone?”
“My dear wolf, “the goat finally said, “are quite sure that it is My dinner you are worrying about and not your own?”

19. What did the wolf ask when he saw the goat grazing at the edge of a high cliff?
a. To be his friend
b. To graze on the level ground
c. To climb up higher
d. To be his dinner.
20. “Aren’t you cold up there in the wind?”
The word ‘there’ refers to….
a. a high cliff
b. sheltered area
c. grass
d. ground
21. What can we learn from the story above?
a. Don’t look down to other creatures.
b. Don’t easily believe in well behaved creatures
c. Don’t judge others by their appearance.
d. Don’t easily beat other creatures.
22. From the story we know……
a. the goat was very hungry.
b. the wolf was a helpful animal.
c. the wolf was eager to eat the goat.
d. the goat was going to fight with the wolf.
Read the text to answer questions 23 to 24

SILVER QUEEN

NUTRITION INFORMATION
Serving per package: Avg.2 / serving size: 30g Ingredients: Sugar, Cashew, Milk Solid, Cocoa Mass, Cocoa butter, Vegetable Fat, Emulsifier (322: Soy), Salt, Flavor.
Average quantity
Per serving Average quantity
Per 100 g
Energy
Protein
Fat total
Saturated
Carbohydrate
Sugars
Sodium 709kj (169Cal)
3.6g
10.5g
4.8g
14.4g
11.9g
45mg 2360kj(565Cal)
12.0g
35.9g
15.9g
47.6g
39.6g
148mg

23. How much sodium does the product contain per 100g?
a. 45mg
b. 148mg
c. 565mg
d. 709mg
24. “Ingredients: sugar, cashew, milk solid……….etc.”
The underlined word means:….needed to make something.
a. the steps
b. the goals
c. the materials
d. the methods

Read the text below and answer questions 25 to 26
The Eka Karya Botanical garden is a unique place to visit in Bali. There, visitors can stroll through cool and tranquil, visit temples and traditional Balinese buildings, and learn about Balinese botany and traditional. The gardens combine scientific and conservation gals in a cool, mountainous setting; with adjacent forest and lakes, wildlife such as birds and monkeys and the attractive landscaping all joined in harmony. With a rich collection of 1,187 species, the Eka Karya Botanical Garden is not only a forerunner in conserving Indonesia’s flora, but also one of the most beautiful gardens of its kind in the world.
The primary task of the Botanical Garden is to conduct research, inventory and protect Indonesia plant species, native to moist upland areas, particularly from eastern Indonesia, also to provide useful scientific services and to increase public appreciation for conservation.

25. What is the Eka Karya Botanical Garden like?
a. Kind
b. Useful
c. Unique
d. Harmony


26. “There, visitors can stroll through cool….”( paragraph 1)
What does the underlined mean?
a. Walk slowly
b. Examine carefully
c. Observe seriously
d. Stay temporally

Read the following text and answer questions 27 to 29
Hooray! We had Fun with English in our school! We enjoyed this event on Thursday, 17th January 2008, at Yos Sudarso Primary School in Karawang. We had waited for it since September 2007. So when the day came, we were really happy. We played many games such as matching colors, matching picture, horse racing, run and find and spelling bee. We had storytelling, too.
All students from grade 1 to grade 6 joined Fun with English, so there were 3 slots for the activities. We really had fun and we could practice our English. We also sang together about part of our body, and do- re mi.
Many prizes were given in this event. There were tickets from Ice World and Gondola of Ancol Bay City, tickets from Water Boom of Lippo Cikarang, ticket from Insect World and Freshwater World of TMII, T-shirt, pens, stickers and many other merchandizes.

27. The text merely tells us about….
a. Learning English at Yos Sudarso Primary School
b. Learning English trough fun activities
c. Getting prizes in learning English
d. Getting tickets from English activities.
28. What is the main idea of paragraph three?
a. Many prizes given in the event.
b. All students of the school joined the game
c. The student had fun during the game
d. “Fun with English” is a nice program
29. Why were there three slots for the activities?
a. There were so many activities to join
b. There were some prizes to win
c. Student from grade 1 and 6 joined the games
d. All students of Yos Sudarso Primary School joined the game














Read the text and answer questions 30 to 33
Jellyfish are not really fish. They are invertebrate animals. This means that unlike fish or people, they have no backbones. In fact, they have bone at all.
Jellyfish have stomachs and mouths, but no heads. They were nervous system for sensing the world around them, but no brains. They are made almost entirely of water, which is why you can look through them.
Some jellyfish can glow in darkness by making their own light. The light is made by a chemical reaction inside the jellyfish. Scientists believe jellyfish glow for several reasons. For example, they may glow to scare away predators or to attach animals they like to eat.
Most jellyfish live in salt water, a part of a few types that live in fresh water. Jellyfish are found in oceans and seas all over the world. They live in warm, tropical seas and in icy waters near North and South poles.

30. Which one creates Jellyfish’s light?
a. White blood
b. Nervous system
c. Chemical reaction
d. Salt water.
31. Which one is true about the jellyfish based on the text?
a. They belong to invertebrate animals
b. They have heads like other animals
c. Their brain helps them find the food
d. They cannot live in fresh water
32. What is the text about?
a. Jellyfish
b. Kind of all fish
c. All invertebrate animal
d. Some kinds of sea animals
33. “Some jellyfish can glow in darkness by making ………...” ( paragraph 3). The word “glow “in the sentence means……
a. move
b. produce
c. appear
d. shine














Read the following text and answer questions 34 to 36
Café and Resto
New Romantic Garden restaurant. The restaurant is located just outside the crowded centre, surrounded by Sawahs, right behind Hyatt Hotel. We offer traditional Indonesian food for reasonable prices in a romantic garden environment. Look for our complete menu at www.rumahmertua.com. For reservation please call phone/fax:0274-866680.
Mie Thai Casual Thai Restaurant provides authentic Thailand cuisine. Open daily for lunch and dine. Delivery service 0274-561486 or just visit us at Jl. Gejayan CT X/22 Jogya.
Steamboat Restaurant. The only Seafood Steamboat resto in Jogya. We also service Chinesse food. Baturetno,Banguntampan, Bantul. Ph. 0274-7484947 or 0806682407.

34. According to the text, where can we find inexpensive traditional food?
a. New Romantic Garden restaurant
b. Mie Thai Casual Thai Restaurant
c. Steamboat Restaurant
d. Hyatt Hotel
35. Which of the following statement is incorrect based on the advertisement?
a. New Romantic Garden restaurant provides romantic atmosphere.
b. New Romantic Garden restaurant is in the centre of town.
c. Mie Thai Casual Thai Restaurant can deliver customers order.
d. We can eat Chinese food in Steamboat Restaurant
36. “Mie Thai Casual Thai Restaurant provides authentic Thailand cuisine”
The word “cuisine” has the same meaning as ….
a. beverage
b. drink
c. food
d. snack

Read the text and answer questions 37 to 40

Dear Chaterine,

I’m sorry I can’t pick up at the airport but luckily, my friend, Steve can (He works at night, so he is free in the morning).
I just want to make sure about the information. Your plane arrives at 11 a.m. June 25th and your flying on KLN Air #1327. Is that right?
I told Steve to look for a woman with two young girls but he wanted more information. Do you look the same? What about your daughters? You shouldn’t have a problem finding Steve at the airport. He’s very tall and thin. He has curly brown hair, a moustache, and a beard.
I can’t wait to see you!
Love


Rony


37. How many persons will Steve meet at the airport?
a. One
b. Two
c. Three
d. Four
38. Steve will pick Chaterine with her daughter at the airport because….
a. he is busy
b. he is free in the morning
c. he works at the airport
d. he wants more information
39. “I can’t wait to see you!”(last paragraph)
What does the word”you” refer to?
a. Chaterine
b. Steve
c. The writer
d. Rony
40. “………but luckily my friend Steve can”.
What does the underlined word means?
a. Accidently
b. Actually
c. Basically
d. Fortunately

Read the text and answer questions 41 to 43

EASY TO USE AND EFFICIENT

The new Megatron™ microwave oven brings the altes cooking technology into your kitchen. This microwave oven uses state of the art magnetic technology to heat your food electronically.
It is safe, clean, and most of all, very efficient.
Just follow the step below:

1. Plug in the microwave. No need to press an ON button, the microwave is always ready to use! It is a standby mode to save power.
2. Put your food in the Mega™ microwave bowl. Made from durable non-stick plastic. Multi-purpose and easy to clean. Come free with your purchase of the Megatron™ microwave oven.
3. Put the bowl into the microwave, close the oven door.
4. Press the Auto Cook Button. Choose from the option: Meat, Vegetable, Rice, Cake and Microwave Meal.
5. Press the START button. The microwave oven will cook the food in a matter of minutes. It will stop automatically when the food is done.
6. When the microwave stops, press the OPEN button and take the bowl out of the oven. Your meal is ready to serve.





41. What must we do first we want to operate the new Megatron microwave oven?
a. Put the food in the microwave oven.
b. Use a standby mode
c. Press the on button
d. Plug in the microwave oven
42. What is the text about?
a. How to purchase the megatron oven
b. How to stop and press the mega microwave bowl
c. How to use a microwave
d. How to clean a multipurpose microwave
43. The text shows that the product can cook the food….
a. very fast
b. really easily
c. rather quickly
d. fairly slowly


For questions 44 to 46 choose the suitable word to complete the text below
The sugar glider is a marsupial, just like so many other Australian animals, for instance, the kangaroo and the koala. It is very similar to “tupai” in Indonesia. The sugar glider is a possum. It basically …. (44) in a trees. It eats leaves and fruits. However, the Australian sugar glider has a very special… (45). It can jump from tree to tree… (46) like the “tupai”. But it can also sort of fly. In fact, it glides.

44.
a. stays
b. leaves
c. lives
d. plays
45.
a. mood
b. character
c. thought
d. skill
46.
a. fast
b. high
c. low
d. aside

For number 47 and 48 rearrange the jumble words into a good sentence
47. door – after – the – lock – out – you - go
1 2 3 4 5 6 7
a. 4 – 3 – 1 – 2 – 6 – 7 – 5
b. 6 – 7 – 5 – 4 – 2 – 3 – 1
c. 7 – 5 – 6 – 4 – 3 – 1 – 2
d. 4 – 3 – 1 – 6 – 7 – 5 – 2

48. Although – the journey – good – well – was – run – the weather – not
1 2 3 4 5 6 7 8
a. 7 – 5 – 3 – 1 – 2 – 4 – 6 – 8
b. 2 – 5 – 8 – 3 – 1 – 7 – 6 – 4
c. 2 – 6 – 4 – 1 – 7 – 5 – 8 – 3
d. 7 – 6 – 3 – 4 – 5 – 1 – 2 – 8

For number 49 and 50 rearrange the jumble sentence into a paragraph
1. One day, there was a big battle in that kingdom.
2. The Queen was lucky because she could save her life by changing herself into a golden snail.
3. Another day an old women saw the snail and took it home
4. Once upon a time, there was a kingdom in Java
5. The king asked his Queen to save her life.
6. Then she look after that it.
7. In the middle of the jungle the enemies killed all her guards.

49.
a. 4 – 5 – 2 – 6 – 1 – 7 – 3
b. 4 – 5 – 7 – 2 – 3 – 1 – 6
c. 4 – 1 – 5 – 7 – 2 – 3 – 6
d. 4 – 3 – 5 – 1 – 6 – 2 – 7
50. Arrange these jumble sentences into a good paragraph.
1. Before lunch, we feed some birds in the park.
2. But we were happy because we had so much fun
3. Yesterday my family went to the zoo
4. When we returned home we were very tired
5. In the afternoon we saw the animals being fed
6. We bought some food to give to the animals

The best arrangement is…..
a. 5 – 4 – 6 – 3 – 2 – 1
b. 3 – 6 – 1 – 5 – 4 – 2
c. 5 – 1 – 3 – 6 – 2 – 4
d. 3 – 1 – 5 – 4 – 2 – 6

Fungsi Laboratorium Bahasa

Ada beberapa laboratorium di suatu sekolah yaitu, laboratorium IPA yang terdiri dari laboratorium kimia, fisika dan biologi, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.
Belajar bahasa asing di sekolah dapat dilakukan melalui beberapa cara. Berdasarkan sudut pandang tempat belajar dapat dibagi menjadi 3 cara penyampaian. Pelajaran secara konvensional dilakukan di dalam ruangan kelas. Sesekali penyampaian juga dapat dilakukan di alam terbuka di luar kelas. Secara modern kegiatan belajar mengajar bahasa asing dilakukan di suatu ruangan yang disebut laboratorium bahasa. Apa perbedaan dari 3 hal di atas?
1. Pelajaran di dalam kelas. Guru menyampaikan materi kepada semua siswa secara satu arah. Bertanya kepada semua siswa atau secara satu persatu. Guru dituntut bergerak secara aktif menjangkau seluruh penjuru kelas agar dapat lebih memperhatikan setiap siswa.
2. Di Alam Terbuka. Komunikasi guru dengan siswa dilakukan seperti penyampaian dalam ruangan. Tetapi materi diharapkan dapat disampaikan secara lebih interaktif dan menyenangkan. Kelemahan pembelajaran dengan metode ini dikarenakan ketergantungannya terhadap cuaca dan kondisi lingkungan luar kelas tersebut.
3. Ruangan Laboratorium Bahasa Jika peralatan laboratorium bahasa didesain secara maksimal maka peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa asing dapat terjadi secara signifikan. Simulasi berbagai cara berkomunikasi dapat dilakukan.
Pembelajaran bahasa asing melalui laboratorium bahasa dibagi menjadi 3 fungsi dasar yaitu, percakapan (conversation), mendengarkan (listening) dan fungsi manajemen instruktur dalam mengatur kegiatan belajar mengajar. Agar tercapai tingkat sangat mahir maka suatu perangkat laboratorium bahasa yang sangat lengkap mempunyai lebih dari 50 fasilitas dan fungsi lab bahasa sebagai sarana pembelajaran.
Fungsi laboratorium bahasa sebagai sarana pembelajaran yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
1. Listening. Siswa mendengarkan melalui bantuan perangkat elektronik yang tersedia.
• Listening all. Semua siswa dapat langsung diarahkan untuk mendengarkan materi pelajaran yang diberikan oleh guru pada salah satu Channel.
• Individu. Siswa dapat dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak maupun tetap (tergantung desain laboratorium bahasa) kemudian setiap kelompok dapat diarahkan untuk mendengarkan maksimal 3 materi yang berbeda pada setiap Channel.
• Student select. Siswa dapat memilih sendiri materi pelajaran yang ingin didengarkan dari 3 Channel yang tersedia melalui panel siswa (tombol A, B atau C).
2. Conversation. Siswa melakukan berbagai jenis percakapan.
• Pair Row dan Pair Coloumn. Siswa secara berpasangan bercakap-cakap. Percakapan dapat dilakukan dengan teman semeja atau teman di belakang/depan meja.
• Fix Group. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Ada desain laboratorium bahasa yang mengkelompokkan menjadi 2 kelompok saja ada yang lebih. Intinya percakapan siswa dilakukan secara berkelompok.
• Random Group. Anggota tiap kelompok dipilih secara acak. Melalui fungsi ini maka instruktur dapat lebih mudah membagi siswa berdasarkan tingkat kepandaian dan memindahkan keanggotaan kelompok setiap saat.
3. Attention. Instruktur menyampaikan materi atau pengumuman.
• Attention all. Instruktur menyampaikan pengumuman atau materi pembelajaran kepada SEMUA SISWA dan melalui speaker ruangan

• Attentioin channel. Instruktur menyampaikan materi kepada SISWA YANG BERADA DALAM KELOMPOK TERTENTU.
4. Monitoring. Instruktur menjalankan fungsi pengawasan terhadap kegiatan siswa.
• Monitoring Channel. Instruktur memperhatikan percakapan SEKELOMPOK SISWA DI GROUP TERTENTU.

• Monitoring Individual. Instruktur memperhatikan pembicaraan SEORANG SISWA SECARA KHUSUS. Baik ketika siswa tersebut berada dalam kelompok atau saat sedang berpasangan.

5. Intercom. Siswa dapat melakukan panggilan untuk percakapan dengan guru demikian pula sebaliknya.
• Intercom Group. Instruktur melakukan percakapan dengan kelompok siswa yang dihubungi.
• Intercom Individu. Seorang siswa menghubungi instruktur untuk melakukan percakapan dengannya.
6. Text to Speech.
Guru dapat menuliskan text dalam bahasa Inggris untuk secara otomatis diucapkan dalam bahasa Inggris oleh Komputer . Pengucapan text dapat diatur kecepatan dan jenis suaranya.
7. Multimedia Control.
Perangkat lunak juga menyediakan kendali khusus untuk operasional file-file audio/video yang dapat digunakan untuk memberikan pelajaran khusus berbasis multimedia.
8. Audio Record.
Guru dapat merekam suara dalam bentuk file-file audio untuk keperluan soal, pengumuman atau hal-hal lain yang membutuhkan file audio.
9. Audio Control.
Guru dapat mengatur materi pelajaran atau suara apa yang masuk melalui empat Channel suara yang ada.
10. Database.
Setiap kelas yang akan menggunakan Laboratorium Bahasa harus diisikan database-nya terlebih dahulu dalam komputer. Di mulai dari Nama Kelas, Tahun Ajaran dan Semester yang berlaku, Nama siswa beserta nama panggilannya, Nomor induk serta Nomor meja yang ditempati oleh siswa sebagai identitasnya. Jadi setiap kelas akan memiliki databasenya sendiri-sendiri.
Istilah-istilah yang digunakan terkadang berbeda-beda jadi harus diperhatikan penjelasan dari setiap fungsi laboratorium bahasa. Fungsi-fungsi dasar di atas digunakan secara bertahap mulai dari tingkat penggunaan pengetahun dasar pada tahun pertama sampai dengan tahap menengah. Pada tahun ketiga diharapkan semua fungsi laboratorium bahasa sudah digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa asing.
Dari Workshop Lab Bahasa di Batu, Malang tgl 13-15 Juli 2009 dan sumber aslinya ada di
http://laboratoriumbahasa.co.id